Blogger templates

Rabu, 25 September 2013

Desain Pemodelan Grafik


Assalammu’alaikum wr.wb


Kali ini saya akan memposting mengenai tugas kuliah saya dengan mata kuliah Desain Pemodelan Grafik. Apa itu Desain Pemodelan Grafik ?


Desain biasa diterjemahkan sebagai seni terapan, arsitektur, dan berbagai pencapaian kreatif lainnya. Dalam sebuah kalimat, kata “desain” bisa digunakan baik sebagai kata benda maupun kata kerja. Sebagai kata kerja “desain” memiliki arti “proses untuk membuat dan menciptakan obyek baru”. Sebagai kata benda, “desain” digunakan untuk menyebut hasil akhir dari sebuah proses kreatif, baik itu berwujud sebuah rencana, proposal, atau berbentuk obyek nyata.


Model adalah rencana, representasi, atau deskripsi yang menjelaskan suatu objek, system, atau konsep, yang seringkali berupa penyederhanaan atau idealisasi. Bentuknya dapat berupa model fisik (maket, bentuk prototype), model citra (gambar rancangan, citra computer), atau rumusan matematis.


Grafik atau Grafika adalah presentasi visual pada sebuah permukaan seperti dinding, kanvas, layar komputer, kertas, atau batu bertujuan untuk memberi tanda, informasi, ilustrasi, atau untuk hiburan. Contohnya adalah : foto, gambar, Line Art, grafik, diagram, tipografi, angka, symbol, desain geometris, peta, gambar teknik, dan lain-lain. Seringkali dalam bentuk kombinasi teks, ilustrasii, dan warna.


Dari definisi-definisi tersebut saya mengambil kesimpulan bahwa Desain Pemodelan Grafik merupakan “ suatu seni terapan yang digunakan untuk membuat objek dalam bentuk model fisik, model citra atau rumusan matematis yang dapat di presentasikan secara visual pada sebuah permukaan seperti dinding, kanvas, layar komputer, kertas atau batu “.


Desain pemodelan grafik sangat berkaitan dengan grafik computer. Berikut adalah kegiatan yang berkaitan dengan grafik computer :
  • Pemodelan Geometris : Menciptakan model matematika dari objek-objek 2D dan 3D
  • Rendering : Memproduksi citra yang lebih solid dari model yang telah dibentuk
  • Animasi : Menetapkan/menampilkan kembali tingkah laku/behavior objek bergantung waktu
  • Graphics Library/package (contoh : OpenGL) adalah perantara aplikasi dan display hardware (Graphics System)
  • Application program memetakan objek aplikasi ke tampilan/citra dengan memanggil graphics library
  • Hasil dari interaksi user menghasilkan/modifikasi citra
  • Citra merupakan hasil akhir dari sintesa, desain, manufaktur, visualisasi, dll










Reference :