Blogger templates

Sabtu, 16 Maret 2013

RDF (Resource Description Framework) pada Web Semantik

     

       Pada artikel sebelum nya telah dibahas mengenai Web Semantik dan kali ini kita akan membahas salah satu teknologi dari Web Semantik tersebut.

      RDF adalah salah satu dari teknologi Web Semantik. RDF merupakan model standar untuk pertukaran data pada web. Menurut Liang Yu pada bukunya yang berjudul A Developer’s Guide to the Semantic Web, RDF merupakan sebuah bahasa untuk merepresentasikan informasi tentang resource yang ada di dunia. RDF merupakan framework untuk merepresentasikan informasi yang terdapat pada web (Konsep RDF).  RDF merupakan tujuan utama bahasa untuk merepresentasikan informasi yang terdapat didalam web (RDF Syntaxt, RDF Schema).

Seperti pengertian RDF yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa RDF dapat merepresentasikan informasi tentang resource baik resource yang berada di dunia maupun resource yang berada di web. RDF merepresentasikan informasi tersebut kedalam sebuah kalimat, sama halnya ketika manusia akan mendeskripsikan sesuatu. RDF mendeskripsikan sesuatu ke dalam kalimat yang terdiri dari subjek, objek, dan predikat. Subjek, objek, dan predikat tersebut merupakan komponen utama dari RDF.
Pada RDF, subjek merupakan resource atau sesuatu yang dideskripsikan yang biasanya merupakan alamat URI (Uniform Resource Identifier), sedangkan predikat merupakan property dari resource yang menjadi penghubung antara subjek dengan objek. Sedangkan objek merupakan URI (Uniform Resource Identifier) atau literal. Ketiga komponen tersebut biasa disebut dingan triple.
Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa RDF berisi informasi-informasi yang dibutuhkan. Untuk menyimpan RDF tersebut dibutuhkan salah satunya adalah triple store. Dengan kata lain, triple store merupakan tempat penyimpanan RDF. 


Sumber :


http://ilmuweb.net/semantic-web/rdf-resource-description-framework-pada-web-semantik/

 

0 komentar: