Blogger templates

Selasa, 22 Januari 2013

Awal Mengenal Pemrograman


Gue mau cerita nih, bagaimana awal nya gue mengenal pemrograman, awal nya memang sulit tapi lama kelamaan tetap sulit… hahaha gue bercanda, lama kelamaan gue jadi terbiasa dan merasa ga’ begitu sulit lagi.
Awal gue  mengenal bahasa pemrograman adalah bahasa pemrograman Q-Basic dan Java. Awal nya gue bingung, karena basic gue adalah dari SMA jadi masih baru dengan yang nama nya kode-kode program. Gue merasa beruntung karena bertemu dengan teman baru yang sudah pengalaman dengan pemrograman nama nya Muhammad Resya Elyasa, ya… itu karena dia berasal dari SMK dan mengambil jurusan RPL (rekayasa perangkat lunak) di SMK nya tersebut.
Pertama kali bertemu dengan bahasa pemrograman java gue merasa apakah gue bisa menjadi seorang programmer yang baik. Yang membuat gue bingung adalah mengapa untuk menampilkan sebuah kalimat “Hello World”, harus mengetikkan kode sepanjang ini :

public class coba {
public string void main (String [] args) {
System.out.println (“Hello World”);
}
}

Huruf kecil dan huruf capital nya pun tidak boleh salah, seperti (String [] arg) huruf “S” nya harus menggunakan huruf kapital, jika tidak maka program error. Begitu juga dengan System.out.print, huruf “S” nya juga harus huruf capital. Dan setiap akhir dari sebuah pendeklarasaian variable atau perintah ingin mencetak harus diakhiri dengan titik koma (;).
Ternyata itu adalah aturan dari bahasa pemrograman tersebut, gue mencoba terus berlatih agar terbiasa dengan aturan-aturan yang ada pada bahasa pemrograman tersebut. Dan gue juga akhirnya tau bahwa setiap bahasa pemrograman mempunyai aturan nya masing-masing.
Gue berterimakasih kepada teman gue Muhammad Resya Elyasa, yang telah membantu gue dan telah mengajari dasar-dasar dari pemrograman.
Bisa karena biasa, itulah yang menjadi semangat gue untuk lebih ahli lagi dalam belajar pemrograman.

Follow twitter gue di : @ariefbudiman_26

0 komentar: