Blogger templates

Kamis, 17 Januari 2013

Pengenelan PHP

A.      Apa itu PHP

PHP yang ini beda loh ya, bukan Pemberi Harapan Palsu tapi Personal Home Page atau sekarang disebut Hypertext Preprocessor. PHP merupakan suatu bahasa pemrograman yang difungsikan untuk membangun sutau website dinamis. PHP bisa menyatu dengan kode HTML. HTML digunanakan sebagai pemnbangun atau pondasi dari kerangka layout web, sedangkan PHP difungsikan sebagai prosesnya sehingga dengan adanya php tersebut, sebuah web akan sangat mudah di-maintenance.
                PHP berjalan pada server sehingga PHP disebut juga sebagai bahasa Server Side Scripting. Artinya untuk dapat menjalankan PHP, wajib adanya web server. PHP ini bersifat open source sehingga dapat dipakai secara cuma-cuma dan mampu lintas platform, yaitu dapat berjalan pada system operasi Windows maupun Linux.
                Untuk menulis sintaks PHP kita bisa menggunakan berbagai macam teks editor seperti notepad, notepad ++, rapid PHP dan Netbeans PHP IDE. Tetapi yang biasa saya gunakan adalah notepad ++.



B.      Cara kerja PHP

PHP merupakan bahasa Server Side Scripting, di mana PHP membutuhkan web server untuk bisa berjalan. Secara prinsipnya, server akan bekerja apabila ada permintaan dari client, yaitu  kode-kode PHP. Client tersebut akan dikirimkan kepada server, kemudian server akan mengembalikan pada halaman sesuai dengan instruksi yang diminta.
Berikut point-point nya :
-          Server membaca permintaan dari client/browser
-          Kemudian dilanjutkan untuk mencari halaman/page pada server
-          Server melakukan instruksi yang diberikan oleh PHP untuk melakukan modifikasi pada   halaman/page
-          Selanjutnya  hasil modifikasi tersebut akan dikembalikan kepada client/browser.

C.      Sintaks Dasar PHP

Sintaks dasar PHP adalah bagaimana cara memulai suatu struktur pemrograman PHP. Ada 4 cara yaitu :
·         <?php ……………… ?>
·         <?...................... ?>
·         <script language=”php”> ……………… </script>
·         <% ………………….. %>
Dari cara-cara tersebut yang paling banyak digunakan adalah cara yang pertama dan kedua. Sebagai contoh , misal nya kita akan menampilkan teks “Hello” pada halaman web menggunakan PHP maka sintaks nya adalah sebagai berikut :

                <?php
     echo “Hello”;
     ?>

D.      Cara memberikan komentar

Komentar pada kode file merupakan hal yang sangat penting karena terkadang kita sebagai manusia juga bisa lupa. Ada 3 cara yang digunakan untuk memberikan komentar, diantaranya :
·         /* komentar */
Cara ini sangat berguna apabila Anda ingin memberikan komentar yang cukup banyak (lebih dari 1 baris).
·         //
Cara ini digunakan apablia Anda ingin memberikan komentar pada 1 baris.
·          #
Cara ini juga digunakan apabila Anda ingin memberikan komentar pada 1 baris.

Sekian dulu mengenai pengalan PHP, cek terus blog ini, karena InsyaAllah postingan mengenai PHP selanjutnya penulis akan menulis bagaimana cara instalasi web server yang digunakan untuk menjalankan sintaks PHP.

Follow twitter saya di : @ariefbudiman_26
Terimakasih.

0 komentar: